1. Jasa Atestasi
Salah satu kategori jasa assurance yang diberikan oleh akuntan
publik adalah jasa atestasi. Jasa atestasi (attestation service) adalah jenis
jasa assurance di mana KAP mengeluarkan laporan tentang reliabilitas suatu
asersi yang disiapkan pihak lain. Jasa atestasi dibagi menjadi lima kategori,
yaitu:
1.
Audit atas laporan keuangan historis.
2.
Atestasi mengenai pengendalian internal atas
pelaporan keuangan.
3.
Telaah (review) laporan keuangan historis.
4.
Jasa atestasi mengenai teknologi informasi.
5.
Jasa atestasi lain yang dapat diterapkan pada
berbagai permasalahan.
1.
Audit atas Laporan Keuangan Historis. Dalam suatu
audit atas laporan keuangan historis, manajemen menegaskan bahwa laporan itu
telah dinyatakan secara wajar sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang
berlaku umum (GAAP). Audit atas laporan keuangan ini adalah suatu bentuk jasa
atestasi di mana auditor mengeluarkan laporan tertulis yang menyatakan pendapat
tentang apakah laporan keuangan tersebut telah dinyatakan secara wajar sesuai
dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum. Audit ini merupakan jasa
assurance yang paling umum diberikan oleh KAP.
2.
Atestasi Mengenai Pengendalian Internal atas
Pelaporan Keuangan. Di Amerika Serikat, untuk sebuah atestasi mengenai
pengendalian internal atas pelaporan keuangan, manajemen menegaskan bahwa
pengendalian internal telah dikembangkan dan diimplementasikan mengikuti
kriteria yang sudah mapan.
3.
Telaah (Review) atas Laporan Keuangan Historis.
Untuk review atas laporan keuangan historis, manajemen menegaskan bahwa laporan
tersebut telah dinyatakan secara wajar sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi
yang berlaku umum, sama seperti audit. Akuntan publik hanya memberikan tingkat
kepastian yang moderat atau sedang terhadap review atas laporan keuangan jika
dibandingkan dengan tingkat kepastian yang tinggi untuk audit, sehingga lebih
sedikit bukti yang diperlukan.
4.
Jasa Atestasi Mengenai Teknologi Informasi. Untuk
atestasi mengenai teknologi informasi, manajemen mengeluarkan berbagai asersi
tentang reliabilitas dan keamanan informasi elektronik. Pertumbuhan teknologi
Internet dan perdagangan elektronik (e-commerce) telah menciptakan permintaan akan
jenis-jenis assurance ini. Banyak fungsi bisnis, seperti pemesanan dan
pembayaran, sekarang dilakukan melalui Internet atau secara langsung
antarkomputer dengan menggunakan electronic data interchange (EDI). Oleh karena
transaksi dan informasi dipakai bersama secara online dan real-time, para
pelaku bisnis meminta kepastian yang lebih tinggi lagi mengenai informasi,
transaksi, dan sistem pengamanan yang melindunginya. WebTrust dan SysTrust
adalah jasa-jasa atestasi yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan akan
assurance ini.
5.
Jasa Atestasi Lain. Akuntan publik memberikan
banyak jasa atestasi lainnya, yang kebanyakan merupakan perluasan alami dari
audit atas laporan keuangan historis, karena pemakai menginginkan kepastian
yang independen menyangkut jenis-jenis informasi lainnya. Dalam setiap kasus,
organisasi yang diaudit harus menyediakan sebuah asersi sebelum akuntan dapat
memberikan atestasi. Sebagai contoh, apabila bank meminjamkan uang kepada suatu
perusahaan, maka perjanjian pinjaman itu mungkin mengharuskan perusahaan
menugaskan seorang akuntan untuk memberikan kepastian tentang ketaatan
perusahaan pada ketentuan keuangan menyangkut pinjaman itu.
2. Jasa Assurance
Jasa assurance adalah jasa profesional independen yang
meningkatkan kualitas informasi bagi para pengambil keputusan. Jasa semacam ini
dianggap penting karena penyedia jasa assurance bersifat independen dan
dianggap tidak bias berkenaan dengan informasi yang diperiksa.
Individu-individu yang bertanggung jawab membuat keputusan bisnis memerlukan
jasa assurance untuk membantu meningkatkan keandalan dan relevansi informasi
yang digunakan sebagai dasar keputusannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar